johanbernard

Ilmu Komputer

Pengalaman Pribadi Saya

Pengalaman Pribadi saya mengenal computer, pada tahun 1994 waktu saya kelas 4, waktu pertama kali computer masih mengunakan disket untuk booting ya disket dahulu yang dikenal ada 2 macam yaitu disket besar dan disket kecil. Tapi dahulu yang sering kali dipakai yaitu disket kecil walaupun kapasitasnya lebih kecil dibandingkan disket kecil karena disket besar masih murah harganya.

Os yang dulu digunakannya yaitu MS dos 6.20 jadi kalo kita ingin menjalankan suatu program atau pun game maka terlebih dahulu kita memasukkan distek MS Dos tersebut barulah kita menjalankan aplikasi lainnya. Pertama kali saya mengenal computer saya sering kali hanya memainkan gamenya saja karena saya sudah hobi main game dari kecil dan kebetulan saya punya temen game yaitu ayahku sendiri yang sama maniak game :d..dan aku masih sekali dahulu pada waktu cuaca hujan aku masih main game padahal aku sudah diperingati oleh ayahku namun kuabaikan hingga monitor aku mengeluarkan bunyi dan keluar asap itu tandanya monitorku tak dapat lagi di pakai.:d

Saya belajar computer dulu sampai sekarang yaitu belajar otodidak walaupun sesekali ya di bantu kakak ku atau ayahku.. kaka bias computer karena dia ikut kursus sedangkan ayahku bisa karena dikantornya ada komputer. Program yang serikali digunakan dulu underdos yaitu NC(Norton Commander) dari sana lach aku belajar perintah-perintah dos..yang sampai sekarang aku masih inget dikit-dikit.Setelah itu komputer saya mulai di upgrade menjadi kompute 486 dan dapat di operasikan menjadi windows 3.11 namun OS tersebut tidak tahan lama karena aku sering mengotak-atik komputerku sehingga aku sering kali ke glodok untuk memperbaikinya sekaligus biasa lah aku sering kali membeli game yang harganya waktu itu masih 10 Ribu = 3 game yang pada waktu itu masih lumayan mahal.Software yang aku kenal dahulu yaitu WS dan Lotus 1-2-3

Beralih waktu saya masuk SMP saya sudah mengenal hardisk cuma dahulu kapasitas masih kecil yaitu 4.3 GB karena orang tuaku upgrade menjadi pentium 1 dengan speed 233 tetapi pada waktu masih mengunakan Windows 95 dan aplikasinya pun semakin maju pada saat itu yang saya masih inget yaitu Corel Draw..tetapi pada saat itu saya belum minat mempelaji..Kebangaan aku mengenal komputer yaitu aku mengikuti lomba jambore se-Kabupaten Bogor. Program yang harus dikuasi yaitu kebetulan WS dan Lotus 1-2-3..pada saat itu saya percaya diri untuk memenangkan perlombaan ini karena aku bisa dan dikarena kecepatan mengetikku lumayan cepat alhasil ternyata benar dugaan ku aku menjadi juara1.

Saat aku memasuki SMA komputer yang di gunakan masih sama.Namun aku udah jarang memegang komputer paling-paling keahlihan ku di pakai hanya sesekali di gunakan kalo ada acara OSIS yang ingin membuat proposal karena waktu SMA aku juga anggota OSIS bagian Agama.Sampai lulus aku kelas 3 aku jarang sekali menggunakan komputer paling aku dulu hanya ku gunakan untuk mendengarkan MP3 namun MP3 yang ku dapat dahulu dengan cara merekam lagu dari kaset jadi kupadukan antara komputer dan kaset ilmu yang kudapat itu dari ayahku.Ayahku adalah ahli listrik dan dia culup pintar dalam elektronik maklum lach dia lulusan STM.

Setelah aku lulus SMA dikarenakan cita-cita ku ingin mengetahui lebih dalam tentang komputer maka aku masuk Universitas Gunadarma pada tahun 2001.Cara aku memasuki Universitas itu ada 2 jalan yaitu melalui sekolah lebih di kenal dengan program beasiswa dan aku daftar sendiri..dari beasiswa aku mendapat grade C karena aku tidak mengetahuinya kalo pada waktu tes adalah itu adalah program beasiswa dari Univeritas Gunadarma namun pada waktu aku mengikuti tes sendiri aku mendapat Grade B…Dari kampus itu lach aku mengenal komputer lebih dalam, tapi yang aku sesali ternyata aku masuk fakultas Manajemen Informatika yaitu ternyata bukan pelajaran komputer saja namun pelajaran SMA ataupun SMP ternyata di ulang kembali..heeheheh..

Pada semester pertama aku belum banyak teman dikampus namun karena teman tongkorongan aku. Ia adalah mahasiswa UKI sebut saja Uya..dan pada saat itu di mengajakku untuk berdemontrasi dengan suatu LSM mahasiswa Di Jakarta dari sanalah aku mengenal Senior aku Aji angkatan 1999 ya walaupun pada saat itu dia belum memahami betul komputer karena pada saat itu dia masih sales HP dan beberapa bulan berikutnya lach dia baru beralih untuk mendalami komputer karena pada saat itu harga HP juga turun drastis.

Dari dia lach aku belajar bersama komputer dan cara install OS Windows ME yang sering dipergunakan… ternyata gampang juga ko tidak susah seperti yang kubayangkan dahulu waktu aku sering memperbaiki komputer di glodok maupun di Mangga Dua hanya perlu 1 minggu aku udah mahir, sampai aku bisa mempartisi underDos dengan perintah Fdisk.

Sampai-sampai aku ikut kos supaya aku dapat mempelajari komputer bersama si Aji dan terkadang aku sampai tidak ikut kelas karena aku ingin ikut belanja komputer di Mangga.wach banyak pengalaman seru dech tentang belanja komputer sampai terkadang kita berdua tidak mengetahui jalan cuma modal nekat yang penting alamat jelas..ya Cukup sekian lach cerita aku tentang komputer dalam hidupku…

5 responses to “Pengalaman Pribadi Saya

  1. cantigi™ November 12, 2008 pukul 7:36 am

    DOS is very important, base on operating system. but, 1 & 0 is base of base computer.. ^_^ nice experience..

  2. fredricbernard November 14, 2008 pukul 1:00 am

    yups memang benar mas dos adalah dasar kita belajar kompute ^-^

  3. PeGe November 21, 2008 pukul 11:00 am

    Sama.. dulu DOS cuma pake nge-game aja..🙂

    Di SariSekar dulu Bu Oos, Bu Teti, Bu Yani (ato Yeni ya?)..
    Udah lama banget, mas.. 8 tahun yang lalu..

  4. Yeptirani November 25, 2008 pukul 1:15 am

    Hai, Fredric..
    Ayuh aja kalo mo tukeran link..
    Masukin aja yeptirani.wordpress.com
    tar link kamu aku taruh di blog ku yang lain gpp kan? kan yang penting tukeran, gapapa kan? (^_^)

    Kalo mo liat link kamu, buka aja lembahpelangi.blogspot.com
    aku taruh link kamu di situ. (^0^)

    Nice to know you…

  5. wyd Januari 26, 2009 pukul 2:52 pm

    mudah2an kamu ga bosen nulis tentang teknologi komputer yang mungkin bagi orang lain sepele banget tapi bagi yang gaptek kayak saya, amat sangat membantu.

Tinggalkan Balasan

